Selasa, 09 Februari 2016

Prompt #1: About Me

Ah, okay, sebelum masuk ke isi postingan, akan kuceritakan sedikit mengenai prompt dan blog Rizki Madfia Journal ini. Berhubung ini juga postingan pembuka untuk label prompt. Jadi, kupikir sekalian sajalah.
 
Blog ini adalah blog khusus yang kugunakan untuk mencari tahu tentang diriku sendiri. Aku belajar ini itu, aku membaca beberapa buku, dan aku mendengar apa yang orang-orang berilmu katakan. Namun, aku hampir saja lupa, kalau aku seharusnya mengenal diriku sendiri. Oleh karena itu, semua informasi yang memungkinkan tentang diriku (selama informasi itu wajar untuk dibagikan) akan kutuangkan melalui blog ini. Informasi tersebut mungkin tidak hanya bersifat grafik atau keterangan yang jelas. Aku juga mengumpulkan informasi seputar kepribadian diriku sendiri. Dan ya, aku akan menuangkannya dalam beberapa sudut pandang yang kunilai menarik. Aku berharap blog ini bisa menjadi rekam jejak di sebagian waktu hidupku meski mungkin tidak akan terlalu mendetail.

Lanjut mengenai prompt ini. Ya, aku memikirkan apa saja yang menarik untuk menjadi pokok cerita di blog ini. Ketika menelusuri Pinterest, aku menemukan postingan mengenai hal ini. Dari judul di akun itu, penulisnya (yang juga blogger) membuat list dalam bentuk prompt. Ada 52 prompt di postingan tersebut dan kita bisa menggunakan ide prompt tersebut sebagai bahan journal selama setahun. Idealnya setiap minggu, membuat satu postingan prompt. Dan yea, aku telat memulainya. Januari sudah berlalu. Namun, ya, sudahlah. Aku akan merapelnya mulai dari postingan ini.

sumber

Haha, maaf, jika penjelasannya kurang memuaskan. Kalian bisa langsung check link ini atau klik banner di side bar blog ini. Dari situ kalian bisa menemukan si empunya ide prompt beserta blog-nya yang so girly. Silakan jika ingin ikutan menulis jurnal prompt untuk setahun ke depan. Ini bukan challenge berhadiah ataupun giveaway tahunan. Ini murni proyek pribadi yang membutuhkan komitmen. Haha, ya, komitmen yang kupunya masih berserakan, sih, sebenarnya.

Baiklah, aku akan masuk ke isi prompt. Tantangannya kali ini adalah menulis “About Me”; menulis tentang diri sendiri. Kuakui jika ini bukan prompt yang mudah. Aku tidak terbiasa untuk menjelaskan diriku kepada orang lain. Itulah mengapa, jika kalian lihat bagian kanan atas, di side bar blog ini, aku menuliskan hal seperti ini:

I can't explain much. Just come closer! Read me by your own eyes. ƪ(ˆ⌣ˆ)ʃ 
Aku lebih senang orang yang ingin mengenalku mencari tahu sendiri aku ini seperti apa. Menurutku manusia itu sifatnya berubah-ubah, meskipun ada beberapa sifat mendasar atau khas yang melekat sekian lama.  Lagipula, terkadang orang yang memang beneran menyayangiku, tidak akan membutuhkan penjelasan. Dan orang yang tidak menyukaiku, boleh jadi tidak akan pernah percaya dengan penjelasan tersebut.

sumber

Namun, okay, aku akan mencoba menjawab tantangan prompt kali ini. Nah, untuk itu aku akan membagi jawabannya menjadi 2 bagian. Pertama bagian fisik, dan selanjutnya bagian karakter.

>> Fisik <<

Aku dilahirkan 26 tahun yang lalu (ketika menuliskan potingan ini). Tepatnya pada hari Minggu, 4 Februari 1990. Orang tuaku bercerita jika aku lahir di malam hari (jam 9 malam) dan saat itu bulan bersinar terang (mungkin pula purnama). Mereka pun menamaiku Rizki Wulandari (biasa dipanggil Kiki). Rizki diambil dari bahasa Arab “Rizq”. Dan Wulandari itu sendiri dari bahasa Sanskerta. Wulan berarti bulan; Dari berarti cahaya. Jadi Wulandari adalah… bisa kalian artikan sendiri, haha.

Aku wisuda S1 pada 12 Oktober, 2013. Dan saat ini mengajar private bahasa Inggris. Dari lahir hingga kuliah dan mulai mencari uang sendiri, sepenuhnya di Kota Jambi. Aku belum pernah merantau. Meski menyukai travelling, belum banyak tempat yang aku kunjungi. Aku berharap bisa mengunjungi lebih banyak tempat di Indonesia dan dunia. Dan harapan tebesarnya adalah menghabiskan beberapa jam berada di bawah langit malam, di bawah bintang-bintang dan naungan cahaya di ujung bumi; Aurora.

>> Karakter <<

Aku pernah berpikir jika aku ini Introvert. Namun mungkin tidak sepenuhnya atau extremely introvert. Aku menyukai suasana yang tenang namun aku tidak masalah dengan keramaian. Maksudku jika aku berada di suatu tempat, dan sudah sepatutnya tempat itu ramai, maka aku tidak akan mengeluhkan hal itu. Aku berpikir, jika ingin menyepi tanpa kehadiran orang lain, aku hanya perlu pulang ke rumah dan berbaring di kamarku.

Semisal introvert dianggap pendiam, tak suka berbicara, ya, mungkin aku lebih banyak tampak seperti itu. Sediki informasi, sebenarnya aku punya tipe tertentu terhadap orang yang bisa kuajak berbicara. Maksudnya, aku memerlukan chemistry khusus. Dan ketika kurasa orang itu memiliki chemistry yang klik denganku, maka dia bisa mendengar banyak hal dari mulutku. Aku pun akan merasa ajaib dengan diriku sendiri ketika bisa bebas bercerita banyak hal dan bertingkah se-aneh dan se-random mungkin dihadapan orang tersebut.

Selanjutnya, jika ada yang bertanya apa hobiku, jawabannya ada tiga: membaca, menonton film, dan menulis. Err… namun aku kadang berpikir jika aku ini punya banyak minat. Aku tertarik dengan banyak hal dan aku ingin bisa banyak hal. Contohnya aku suka mengedit foto, membuat design, mengorganize sesuatu, memasak, dll. Namun ya itu, tidak sering kulakukan. Dan jadinya, aku Cuma bisa sedikit-sedikit. Hanya 3 hobi itu yang cukup sering kulakoni.

Well, untuk membaca, aku suka novel. Semenjak bergabung dengan BBI (Blogger Buku Indonesia), hobiku ini berkembang menjadi lebih baik. Okay, umm, aku tidak mematok harus genre tertentu ataupun harus buku-buku terjemahan dari luar negeri. Aku punya selera yang random. Buku yang akan kubaca adalah yang menarik hatiku. Entah itu karena sinopsisnya, review-nya atau simple karena covernya. Jika bacaan tersebut tidak bagus, akan tetap kucoba untuk menamatkannya. Paling nanti misuh-misuh sedikit di review-nya haha. Bagaimanapun salah satu benda yang paling kucintai di dunia adalah buku. Untuk novel, aku menghargai tiap tetes imajinasi yang penulis tersebut curahkan. Ada konflik dan penyelesaian yang dituliskan kata per kata. Dan itu tidak mudah. By the way, silakan kunjungi blog buku-ku di sini: BukuLova. :D

Untuk film sendiri, sama seperti membaca buku, sudah kumulai sejak kecil. Aku sering menonton film-film Hollywood dan anime Jepang. Aku menghargai film-film yang berkualitas (siapa yang tidak?). Dulu aku suka film yang memakai special effect canggih. Semakin dewasa, aku menyukai film yang mempunyai alur cerita yang menarik. Dan lagi-lagi seleraku lintas genre. Aku bisa melahap komedi, thriller, horror sampai anime dan/atau bahkan film Thailand. Satu-satunya kelemahanku adalah film yang sadis. Dimana manusia hidup disiksa dan blabla gitulah (semisal Saw, Final Destination, dll). Kalau menonton yang seperti aku merasa mual dan ketakutan. Lebih baik melihat film horror, hantu-hantuan. Nah, kalau versi bukunya (buku sadis) seperti itu, seingatku belum pernah baca. Namun kemarin aku dapat kado The Silence of the Lamb yang ditulis oleh Thomas Harris (terimakasih Ez). Well, let’s see then. :D

Lanjut tentang tulis menulis. Aku suka ini sejak kecil. Aku juga belajar sedikit demi sedikit dan secara otodidak, format menulis yang baku. Ada beberapa ketentuan semisal kapan memberikan tanda titik, kapan menggunakan huruf besar, dll. Meski ada kalanya aku melanggar juga, sih, haha. Dan saat ini aku menyalurkan hobi tersebut melalui blog. Kalian bisa lihat, aku punya banyak blog. Dari blog gado-gado sampai blog ber-niche. Haha, ntahlah aku ini. Mudah-mudahan bisa mengaturnya dengan baik dan semua blog tersebut tidak akan terlantar. Ya, mudah-mudahan, haha.

Sedikit cerita, dulu pernah membuat cerita di selembar kertas sewaktu SD dulu. Kisah fiksi tentang misteri sebuah lubang di lantai belakang sekolah. Aku dan sahabatku (yang juga bernama Kiki), berkhayal jika lubang tersebut berisi harta karun. Kami begitu penasaran sehingga Kiki pun bertanya ke Ibunya (yang juga guru di sekolah tersebut), Kiki bercerita ke aku kalau dia sudah tahu itu lubang apa. Hahaha, ternyata itu septik tank. OMG!! Ya, ya, harta karun, emas, okay, skip. :D

Kertas itu hilang. Entah dimana aku menaruhnya. Pun pernah pula sewaktu SMA membuat naskah drama dan mendapat nilai 80. Ceritanya tentang lingkungan dan tokohnya berbagai macam hewan yang bisa bicara. Ya, nasibnya sama, aku tidak menyimpannya dengan benar. Dan sekarang aku merindukan naskah drama itu. Ingin kubaca lalu kuedit kembali. Ya, kadang aku susah melepaskan sesuatu karena aku cukup selektif dalam memilikinya. Apalagi jika sudah memiliki ikatan yang kuat dan lama. Entahlah, mungkin itu kelemahanku.

Nah, meski begitu, aku juga punya sikap malas dan menunda. Sikap ini menaungi diriku sekian lama. Ya tuhan, rasanya aku menyesal dengan waktu yang banyak terbuang percuma untuk kedua hal tersebut. Namun kucoba berdamai dengan diri sendiri. Bagaimanapun kadang hidup adalah proses. Aku kini dalam masa keluar dari kebiasaan buruk tersebut. Breaking the (bad) habit, yes. Goals!

Huwwa, tulisan ini meledak sampai 1000 kata. Hmm, apa-apan ini tidak pandai menulis “About Me”. Ahh, sudahlah. Ini “About Me” ala kadarnya. Akan sangat panjang dan seperti yang kubilang sebelumnya, tidak ada yang lebih baik selain kenal langsung. Dan pastinya people change. Tidak ada yang konstan selagi masih hidup di dunia ini. Namun, mudah-mudahan aku, kamu dan kita semua akan terus berubah ke arah yang lebih baik. Dan terus istiqamah di jalan itu. Aamiin.

Terimakasih sudah membaca hingga ke kalimat ini. Semoga hari kalian menyenangkan. Sampai jumpa di prompt berikutnya, insha Allah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari di sini